Mosaik – Apa itu ?

Mosaik atau dalam bahasa Inggris berasal dari kata mosaic ( /mōˈzā-ik/ ) yang merupakan kata benda dengan pengertian suatu gambar atau pola yang dihasilkan  dengan penyusunan potongan-potongan kecil dan berwarna dari bahan seperti batu, keramik atau gelas. Memang saat ini kadang istilah mosaik juga digunakan dalam arti luas seperti dalam bidang lain yang diartikan sebagai pembentukan komposisi tunggal dari potongan-potongan yang lebih kecil seperti rangkaian peristiwa, kumpulan sastra dan lain-lain. Namun tentu saja mosaik yang dibeberkan pada situs ini tetap terikat pada definisi yang diberikan pada awal tulisan ini.

mosaic pohon

Definisi mosaik secara lebih lengkap seperti dikutip dari wikipedia adalah suatu seni membuat gambar yang tersusun dari potongan-potongan bahan kecil dan berwarna seperti gelas, batu, atau bahan lainnya. Mosai dapat berupa teknik seni dekorasi atau suatu aspek dekorasi interior suatu bangunan. Potongan bahan berukuran kecil ini, umumnya berbentuk kotak, dari batu atau gelas dengan berbagai macam warna disebut sebagai tesserae (atau tessellae), yang kemudian digunakan untuk menyusun suatu pola atau membentuk suatu gambar.

Meskipun seni mosaik umumnya erat dengan bangunan dekorasi kathedral, namun sebenarnya seni meluas tidak hanya itu, bahkan dunia Islam dan Hindu pun sudah mengenal seni mosaik ini. Dalam kehidupan modern, seni mosaik sudah merupakan bagian dari desain interior yang dikenal banyak peminatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s